Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja membersihakan lantai di depan patung William Soeryadjaya, pendiri Astra. - Antara / Hafidz Mubarak A
Lihat Foto
Premium

Grup Astra (ASII) Jadi Investor Utama Halodoc dan Sayurbox?

PT Astra International Tbk. (ASII) mulai melirik bisnis digital dengan berinvestasi di Halodoc senilai US$35 juta dan Sayurbox sebesar US$5 juta pada periode Maret—April 2021. Apakah lantas gelontoran duit lebih dari Rp500 miliar itu menjadikan emiten induk Grup Astra sebagai lead investor?
Rinaldi M. Azka & Gajah Kusumo
Rinaldi M. Azka & Gajah Kusumo - Bisnis.com
22 April 2021 | 04:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra International Tbk. diam-diam agresif melakukan inisiatif strategis dengan menyuntikkan dana segar senilai total US$40 juta pada dua startup asal Indonesia, yaitu Halodoc dan Sayurbox.

Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro menuturkan sepanjang kuartal I/2021 perseroan telah melakukan inisiatif strategis untuk mempercepat transformasi digital.

"Grup berinvestasi sekitar US$5 juta di Sayurbox dan sekitar US$35 juta di Halodoc, masing-masing pada bulan Maret dan April 2021," jelasnya, Rabu (21/4/2021).

Jika dirupiahkan, maka emiten bersandi saham ASII tersebut menyuntikkan dana segar senilai Rp509,21 miliar (dengan asumsi kurs Jisdor BI Rp14.549 per dolar AS) ke Halodoc dan Rp72,74 miliar ke Sayurbox sehingga totalnya mencapai Rp581,95 miliar.

“Grup Astra merupakan investor utama pada funding rounds baru dari kedua startup asal Indonesia ini,” tambahnya.

Sebagai lead investor, maka Grup Astra bakal turun tangan langsung dan mewakili investor dari sebuah startup sebelum, selama dan setelah penggalangan dana. Idealnya mereka harus terlibat dengan startup selama beberapa waktu untuk memahami bisnis dan melihat bagaimana mereka dapat mendukung wirausahawan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top