Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan melintas di depan logo PT Astra International Tbk. - Bloomberg / Dimas Ardian
Premium

Timbang-menimbang Rapor Dividen Emiten Grup Astra, Mana yang Paling Besar?

15 April 2021 | 18:45 WIB
Musim menebar dividen telah tiba, termasuk bagi emiten-emiten yang bernaung di bawah Grup Astra. Perusahaan mana yang memberikan dividen paling besar bagi para pemegang sahamnya?

Bisnis.com, JAKARTA — Kabar baik tengah meliputi para pemegang saham emiten-emiten Grup Astra. Pekan ini, seluruh entitas anak dari perusahaan induk PT Astra International Tbk. (ASII) telah memberi kepastian terkait rencana pembagian dividen masing-masing untuk laba tahun buku 2020.

Hanya PT Acset Indonusa Tbk. (ACST), entitas anak ASII yang bergerak di bidang pengembangan dan pelayanan konstruksi yang absen berbagi dividen. Kinerja rugi yang dibukukan emiten tersebut menjadi alasannya.

Sementara itu, empat entitas anak ASII lain yakni PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI), PT Astra Graphia Tbk. (ASGR), PT United Tractors Tbk. (UNTR), hingga PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) memutuskan tetap berbagi dividen terlepas dari pasang surut pertumbuhan kinerja masing-masing.

Apabila acuannya nominal, UNTR masih jadi emiten dengan dividen per saham terbesar Grup Astra. Perusahaan kontraktor pertambangan dan alat berat tersebut memutuskan pembagian dividen final dengan rasio 40 persen dari laba perseroan pada tahun lalu, yang setara Rp6 triliun.

Sebagai informasi, sepanjang 2020, UNTR mencatatkan laba per saham di kisaran Rp1.609. Artinya, dividen per saham yang bakal diterima para pemegang saham perseroan berkisar Rp644 per saham.

Namun, dalam paparan keterbukaan informasi, perseroan menggarisbawahi bahwa nominal tersebut sudah termasuk dividen interim yang pernah dicicil perseroan pada tahun lalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top