Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tampilan gerai Alfamart, minimarket yang dikelola PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT). - alfamart.co.id
Premium

Gerak Agresif Emiten Ritel Pengelola Alfamart, Sumber Alfaria Trijaya (AMRT)

01 April 2021 | 17:07 WIB
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) mengumumkan rencana rights issue. Dananya untuk mencaplok perusahaan teknologi?

Bisnis.com, JAKARTA — Hanya dalam hitungan hari, dua manuver besar dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT).

Emiten yang mengelola jaringan minimarket Alfamart tersebut mengumumkan rencana penjualan kepemilikan saham anak usahanya, PT Sumber Wahana Sejahtera (SWS), yang mengelola jaringan logistik Alfatrex pada Senin (29/3/2021). PT Galaxy Mitra Global (GMG) adalah pihak yang akan menadah saham tersebut.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), AMRT menyampaikan saat ini perseroan memiliki 99,96 persen saham di SWS dan menjadi pemegang saham pengendali. Dengan kesepakatan penjualan tersebut, maka emiten ritel ini tak lagi menjadi pemegang saham pengendali di SWS.

Namun, tidak disebutkan dengan detail berapa banyak saham yang dilepas dan apakah nantinya AMRT masih akan memiliki saham di perusahaan itu atau berubah menjadi nihil.

“Apabila transaksi tersebut selesai dilaksanakan, perseroan tidak akan lagi menjadi pengendali di PT SWS,” tulis Direktur AMRT Tomin Widian.

Kemudian, sehari berselang alias pada Selasa (30/3), AMRT giliran mengumumkan rencana untuk melakukan aksi penerbitan saham lewat Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias rights issue.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top