Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Direktur Utama Bank bjb Yuddy Renaldi (ketiga kanan), Direktur Operasional Tedi Setiawan (kiri), Direktur Kepatuhan Agus Mulyana (kedua kiri), Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Nia Kania (ketiga kiri), Direktur Konsumer & Ritel Suartini (kedua kanan) dan Direktur IT, Treasury & International Banking Rio Lanasier, berbincang usai Investor Gathering, di Jakarta, Rabu (29/1/2020). - ANTARA FOTO/Audy Alwi
Premium

Adu Dividen Bank Daerah : Bank BJB (BJBR) Tak Tertandingi?

29 Maret 2021 | 17:12 WIB
Sejumlah Bank Pembangunan Daerah (BPD) bersiap memberikan dividen bagi para pemegang sahamnya. Bank mana yang besarannya paling besar?

Bisnis.com, JAKARTA — Pasang surut yang mengiringi kinerja sektor perbankan sepanjang 2020 agaknya tidak akan bikin bank-bank daerah, terutama mereka yang telah melantai di bursa, untuk mengubah kebiasaannya. Termasuk, dalam hal pembagian dividen.

Bank-bank yang dalam beberapa tahun terakhir royal berbagi dividen mengisyaratkan bakal melakukan hal serupa tahun ini.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk. (BJBR) menjadi yang terdepan menebar sinyal. Meski belum bisa menyebutkan rasio maupun nominalnya, Asisten VP Investor Relations BJBR Devi Fajar membenarkan jika kemungkinan dividen untuk tahun buku 2020 akan tetap dibagikan perseroan.

Selain karena BJBR mencatatkan kinerja positif pada tahun lalu, dia menggarisbawahi jika perseroan memahami kondisi Pemerintah Daerah (Pemda) yang membutuhkan sumber dana tambahan di tengah pandemi. Adanya dividen, yang juga bakal diterima Pemda selaku pemegang saham, bakal punya kontribusi langsung terhadap daerah.

“Tapi, untuk besarannya tentu kami lihat nanti di RUPS [Rapat Umum Pemegang Saham], dengan mempertimbangkan kebutuhan permodalan bank juga, yang bersumber dari laba ditahan,” tuturnya, Minggu (28/3/2021).

Satu nama lain, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM) yang biasa membagikan dividen 1-2 kali setahun, belum bisa menggaransi pembagian dividen tahun ini. Namun, mereka juga tidak berkirim sinyal bahwa laba tahun 2020 bakal sepenuhnya ditahan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top