Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Anggota Pasoepati mengusung poster untuk menyambut pemilik saham mayoritas sekaligus Direktur Utama PT Persis Solo Saestu (PSS) Kaesang Pangerep di kawasan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/3/2021). PT Persis Solo Saestu resmi berganti kepemilikan saham kepada putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangerep, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kevin Nugroho yang menargetkan Persis Solo maju ke Liga 1 Indonesia. - ANTARA FOTO/Maulana Surya
Lihat Foto
Premium

Kemesraan Keluarga Thohir dan Anak-anak Jokowi Berlabuh di Persis Solo

Klub sepak bola Persis Solo menunjukkan kedekatan Keluarga Thohir dengan anak-anak Presiden Joko Widodo. Bukan kemesraan yang pertama?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
23 Maret 2021 | 17:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Akhir pekan lalu, Solo geger. Pada Minggu (21/3/2021), Laskar Pasoepati, julukan klub sepak bola Persis Solo, secara resmi mengumumkan kedatangan Kaesang Pangarep dan Keluarga Thohir ke dalam struktur pemegang saham dan manajemen tim.

Kaesang, putra bungsu Presiden Joko Widodo dan adik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, membeli 40 persen saham PT Persis Solo Saestu (PSS), entitas pengendali Persis dan mengambil alih jabatan Direktur Utama.

Sebanyak 30 persen saham lain dicaplok Kevin Nugroho, pengusaha yang juga kawan bisnis Gibran di PT Plevia Makmur Abadi. Sementara itu, Erick Thohir memegang 20 persen saham perusahaan sedangkan 10 persen saham masih tercatat atas nama yayasan dan klub internal Persis.

Saham mayoritas yang dipegang Kaesang, Kevin, dan Erick dibeli dari nama-nama yang terafiliasi dengan Vijaya Fitriyasa (total 70 persen) dan Sigid Haryo Wibisono (20 persen).

Vijaya adalah jebolan Asprov PSSI DKI Jakarta yang sempat mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI 2 tahun silam, tetapi kalah telak dari Mochammad Iriawan. Sementara itu, Sigid adalah politikus sekaligus pebisnis yang mendirikan Harian Merdeka, yang belakangan mendekam di jeruji besi karena terlibat kasus pembunuhan Nasruddin Zulkarnaen.  

Suramnya era kepemimpinan Vijaya dan Sigid di Persis membuat kedatangan Kaesang dan Keluarga Thohir relatif lebih banyak disambut suka cita oleh Pasoepati, julukan komunitas suporter Persis. Pada hari pengumuman kedatangan keduanya, kata “Persis” sempat masuk dalam jejeran trending topic di jejaring Twitter.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top