Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di atas tower yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Premium

Adu Strategi Indosat (ISAT) vs XL (EXCL) di Tengah Perang Harga

04 Maret 2021 | 15:20 WIB
Persaingan yang ketat selama pandemi Covid-19 disinyalir menjadi penyebab merosotnya pendapatan sejumlah operator seluler. Sejumlah strategi pun disiapkan oleh emiten seperti Indosat (ISAT0 dan XL Axiata (EXCL).

Bisnis.com, JAKARTA – Kendati aktivitas yang berkaitan dengan digital dan dunia maya terus meninngkat selama pandemi, hal itu tak serta merta membuat perusahaan teknologi mereguk untung dalam jumlah besar.

Persaingan yang ketat selama pandemi Covid-19 disinyalir menjadi penyebab merosotnya pendapatan sejumlah operator seluler. Perang harga jual layanan, menjadi salah satu solusi yang ditempuh para operator telekomunikasi di Indonesia, selain melakukan efisiensi di beberapa sisi.

Selain itu, strategi lain pun disiapkan oleh para operator untuk menjaga agar kinerja keuangannya tetap sehat. Tak terkecuali para operator yang terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia seperti PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan pandemi Covid-19 – yang terjadi di Indonesia dan global –  telah membuat daya beli masyarakat menurun dan kegiatan bisnis di berbagai sektor mengalami kelesuan. Hal ini memberi tekanan cukup berat kepada industri telekomunikasi.

Di tengah pendapatan yang kurang optimal karena daya beli melemah, kata Ayu, operator juga dihadapkan dengan dinamika kompetisi dan beban biaya operasional yang tetap berjalan selama pandemi atau sepanjang 2020 Ahasil kinerja perusahaan pun makin tertekan.

“Kompetisi yang makin ketat dan perubahan perilaku pelanggan menjadi tantangan,” kata Ayu kepada Bisnis, Selasa (3/3/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top