Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kru kapal beraktivitas di dalam Kapal Survei Seismik Elsa Regent milik PT Elnusa Tbk. (ELSA) -  Antara / Aprillio Akbar.
Premium

Saat Dapen Pertamina Terus Divestasi Saham Elnusa (ELSA) di Tengah Lonjakan Harga Minyak

15 Februari 2021 | 20:21 WIB
ELSA memiliki bidang usaha jasa penunjang bisnis minyak dan gas (migas). Saham perusahaan dimiliki oleh Pertamina dan Dana Pensiunnya.

Bisnis.com, JAKARTA - Dana Pensiun Pertamina terus melakukan divestasi sahamnya pada PT Elnusa Tbk. (ELSA). Divestasi sejauh ini tercatat dilakukan mulai akhir Januari 2021 hingga akhir pekan lalu seiring kenaikan harga minyak dunia. 

Divestasi atau penjualan sebagian kepemilikan terbaru oleh Dana Pensiun Pertamina atas ELSA terekam dalam catatan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Rabu, (10/2/2021) dan Kamis yang diterbitkan hari ini, Senin (15/2/2021). Dalam aksi korporasi itu, Dapen Pertamina melepas 22,51 juta lembar dan dilanjutkan sebanyak 29,92 juta saham.

ELSA adalah anak usaha Pertamina. Dalam registrasi pemegang saham per 31 Desember 2020, pemegang saham kontraktor minyak dan gas itu terdiri dari Pertamina dengan kepemilikan 41,1 persen (3 miliar lembar) dan Dapen Pertamina --yang juga didirikan oleh Pertamina-- 14,9 persen (1,087 miliar lembar). Sedangkan selebihnya adalah pemegang saham publik sebanyak 44 persen. 

Pelepasan saham ELSA ke investor publik ini dilakukan harga saham sedang terus bergerak naik. Apresiasi harga saham ELSA seiring sentimen harga minyak yang mencapai rekor baru dalam 13 bulan terakhir. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top