Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Timah digunakan untuk penyambung logam. - Bloomberg / Waldo Swiegers
Premium

Historia Bisnis : Timah (TINS) Kaji Pelepasan Saham 3 Anak Usaha

19 Januari 2021 | 16:00 WIB
Rencana divestasi tiga anak perusahaan menjadi bagian dari program penyelamatan keuangan PT Timah Tbk. (TINS).

Bisnis.com, JAKARTA — PT Timah Tbk. (TINS) menyusun strategi untuk keluar dari tekanan kinerja yang terjadi akibat penurunan harga timah pada medio 2000 — 2001.

Timah langsung tancap gas merancang aksi korporasi meski periode berjalan 2002 yang masih berumur 19 hari. Emiten badan usaha milik negara (BUMN) penghasil komoditas timah itu harus mencari jalan keluar dari kesulitan keuangan.

Direktur Utama Timah kala itu, Erry Riyana Hardjapamekas, mengisahkan kinerja perseroan memburuk karena pengaruh fluktuasi harga timah di pasaran dunia. Kondisi itu seiring dengan penurunan pertumbuhan perekonomian dunia yang berdampak kepada merosotnya permintaan timah.

Kenaikan dan penurunan harga timah menurutnya sangat sensitif terhadap kinerja keuangan perseroan. Erry menggambarkan setiap kenaikan atau penurunan dari 1 persen harga timah akan menyebabkan terjadi kenaikan atau penurunan laba bersih sebesar 5 persen.

Di tengah kondisi itu, Erry membeberkan rencana yang akan ditempuh untuk menyelamatkan keuangan perseroan. Rancangan aksi korporasi itu diberitakan Koran Bisnis Indonesia edisi 19 Januari 2002 dalam artikel berjudul “Timah jajaki divestasi 3 anak usaha”.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top