Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Nasabah berada di dekat logo bank BRI di Jakarta. Bisnis - Himawan L Nugraha
Premium

Bank BRI (BBRI) dapat Napas Baru dari Holding Ultra Mikro?

19 Januari 2021 | 14:55 WIB
Pembentukan holding BUMN untuk pembiayaan dan pemberdayaan ultra mikro (UMi) akan menjadi katalis positif bagi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk., (BBRI) untuk terus melaju. Mengapa?

Bisnis.com, JAKARTA – Wacana pembentukan holding ultra mikro kembali mencuat sejak pertama kali dihembuskan pada 2019 lalu oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Ambisi Erick mendorong pembentukan holding itu pun diteruskan pada 2020. Kala itu, mantan bos Inter Milan itu berkali-kali menyebut bahwa dalam waktu dekat akan ada pembentukan holding pemberdayaan UMKM yang melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero), PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, sebagai spesialis UMKM.

Erick menyebut langkah mengonsolidasikan ketiga entitas tersebut menjadi salah satu solusi membuat pendapatan terpadu UMKM dan ultra mikro (UMi).  Pendapatan terpadu dapat menjadi jalan masuk untuk meningkatkan kelas pengusaha ultra mikro, mikro, dan kecil di Tanah Air.

Baru-baru ini, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam keterangan resminya menyebutkan pembentukan holding BUMN untuk pemberdayaan UMi bertujuan menciptakan ekosistem agar semakin banyak pelaku usaha ultra mikro yang terjangkau layanan keuangan formal.

Pasalnya, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) baru 11,11 persen pelaku UMKM yang bisa mengakses layanan lembaga pembiayaan. Untuk itu, penciptaan akses pembiayaan yang mudah dan murah bagi UMKM  terus didorong agar pelaku usaha kecil dapat segera bangkit dan mendorong perekonomian nasional pascapandemi Covid-19.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top