Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Bank Mandiri. - Dok. Pubex 2020
Premium

Dividen Bank BUMN 2021: BBRI, BMRI, BBNI atau BBTN Paling Royal?

15 Januari 2021 | 09:59 WIB
Rapat umum pemegang saham tahunan emiten bank BUMN diperkirakan mulai terlaksana Februari 2021 mendatang.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani menargetkan empat bank BUMN yang tercatat di lantai bursa yakni PT Bank Mandiri (persero) Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. (BBTN) menyetorkan dividen sebesar Rp11,9 triliun untuk APBN 2021.

Target ini merupakan bagian dari rencana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor dividen BUMN sebesar Rp26,1 triliun pada tahun ini. Target penerimaan ini sudah menyesuaikan dengan pandemi dimana pada 2020 lalu setoran dividen sebesar Rp49 triliun.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan rasio pembayaran dividen bank pelat merah akan sama dengan tahun lalu.

"Perlu dicatat, rasio sama, tetapi kontribusi tetap akan beda. karena Laba tahun ini kan juga tidak sebesar tahun lalu," kata Hans, Kamis (14/1/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, rasio pembagian dividen bank BUMN pada tahun lalu meliputi BBRI (60 persen), BMRI (60 persen), BBNI (25 persen) dan BBTN (10 persen).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top