Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah pengunjung melihat barang-barang yang dijual dengan harga diskon di sebuah pusat perbelanjaan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/12/2019). - ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Premium

Prospek Emiten Peritel: Putar Otak Manfaatkan Momentum Akhir Tahun

17 November 2020 | 08:10 WIB
Pengujung tahun biasanya menjadi momentum bagi peritel untuk menggenjot penjualan. Mampukah momentum Natal dan Tahun Baru menjadi pendorong emiten peritel memperbaiki kinerja tahun ini?

Bisnis.com, JAKARTA – Momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) di tiap akhir tahun, hampir selalu menjadi andalan bagi para peritel untuk menggenjot penjualan. Namun di tengah pandemi Covid-19, masihkah ada optimisme bagi emiten peritel untuk mengungkit kinerja terutama dari sisi penjualan melalui momentum akhir tahun?

Adapun, kalangan analis melihat prospek pemulihan kinerja emiten peritel masih akan suram hingga akhir tahun ini.

Bahkan beberapa emiten ritel berkapitalisasi jumbo diprediksi masih akan menelan kerugian untuk kinerja keseluruhan tahun 2020 meskipun terdapat momentum Nataru yang umumnya mendongkrak penjualan setiap tahunnya.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Andreas Kenny mengatakan ia hampir memastikan bahwa kinerja emiten ritel mayoritas masih akan tertekan hingga akhir tahun ini mengingat pandemi Covid-19 masih belum mereda.

Hal ini kemudian menimbulkan keresahan dan kekhawatiran bagi masyarakat yang ingin berbelanja untuk mengunjungi pusat perbelanjaan.

“Tetapi memang di kuartal keempat 2020 sendiri, kita expect adanya perbaikan bagi semua emiten peritel tentunya dengan sejumlah THR [Tunjangan Hari Raya] dan juga momentum natal dan tahun baru,” jelas Andreas kepada Bisnis, Senin (16/11/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top