Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Indomie - Ilustrasi/indofood.com
Premium

Prospek Emiten Konsumer: Kuartal IV Kinerja Meningkat

10 November 2020 | 13:20 WIB
Sejumlah emiten konsumer meyakini kinerja pada triwulan akhir 2020 dapat meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi dan peningkatan daya beli.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konsumer berbondong-bondong memasang target pertumbuhan pendapatan dan laba bersih yang lebih baik pada kuartal IV/2020 seiring dengan prospek pemulihan daya beli masyarakat.

Meskipun kinerja kuartal ketiga diasumsikan akan mengalami perbaikan dibandingkan kuartal kedua yang mana pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pertama kali diberlakukan, namun beberapa emiten konsumer masih saja berhadapan dengan tantangan besar yaitu penurunan daya beli masyarakat.

Hal ini tercermin dari penurunan pendapatan dan laba bersih emiten konsumer berkapitalisasi besar seperti PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF). Sepanjang periode Juli hingga September 2020, pendapatan KLBF hanya sebesar Rp5,5 triliun, turun masing-masing 2,8 persen secara tahunan dan 5,5 persen secara kuartalan.

Sejalan dengan itu, laba bersih perseroan pada kuartal ketiga tahun ini hanya sebesar Rp639,9 miliar, masing-masing terkontraksi 2,7 persen secara tahunan dan 10,9 persen secara kuartalan.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan target kinerja keuangan untuk tahun 2020 masih sesuai dengan panduan awal yang diberikan perseroan beberapa waktu lalu, yakni pertumbuhan 4 persen - 6 persen untuk penjualan dan sekitar 8 persen - 10 persen untuk laba bersih keseluruhan tahun 2020.

“Secara target tahun 2020, Kalbe masih tetap stay dengan target yang sama, sambil monitor pergerakan pasar yang diharapkan pulih berkala,” ungkap Vidjongtius kepada Bisnis, Senin (9/11/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top