Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Rosan P Roeslani (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) sebagai pemilik usaha Recapital Group. - Youtube
Premium

Satu per Satu Perusahaan Milik Sandiaga Uno & Rosan Roeslani Tutup

31 Oktober 2020 | 17:51 WIB
Konglomerasi bisnis Sandiaga Uno & Rosan P Roeslani di bawah bendera Recapital Group satu per satu menyusut, terutama di sektor keuangan. Mulai dari perbankan, asuransi, hingga pasar modal. Kenapa ya?

Bisnis.com, JAKARTA - Belum genap setahun, dua perusahaan milik Sandiaga S Uno dan Roslan P. Roeslani dicabut izinnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Masalah keuangan membelit perusahaan di bawah bendera Recapital Group.

Adalah PT Recapital Sekuritas Indonesia dan PT Asuransi Recapital yang baru saja dicabut izinnya oleh otoritas karena dinilai melanggar sejumlah peraturan dan tidak memenuhi ketentuan solvabilitas.

Pada awal Februari 2020, OJK lebih dulu mencabut izin usaha Recapital Sekuritas. Pencabutan izin usaha karena otoritas menemukan dugaan sejumlah pelanggaran yang tidak sesuai dengan perundang-undangan tentang pasar modal.

Pelanggaran pertama, Recapital Sekuritas dinilai melanggar pasal 107 UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal karena menyampaikan Laporan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) kepada OJK yang dinilai menyesatkan regulator.

Manajemen juga dinilai melanggar ketentuan angka 2 huruf b peraturan nomor V.D.5, Lampiran Keputusan Ketua Bapepam dan LK Nomor KEP-566/BL/2011 tanggal 31 Oktober 2011 tentang Pemeliharaan dan Pelaporan Modal Kerja Bersih Disesuaikan.

Kedua, OJK menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh Abi Hurairah Mochdie selaku direktur utama Recapital Sekuritas dan pihak yang bertanggung jawab atas laporan MKBD. Pelanggaran yang dilakukan manajemen perusahaan itu seperti tertuang pada poin pertama.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top