Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Benny Tjokrosaputro memberikan penjelasan pada seminar Fundamental Step for Better Future di Jakarta, Rabu (7/3/2018). - JIBI/Dedi Gunawan
Premium

Mengintip Nasib Emiten Milik Bentjok dan Heru Usai Putusan Pengadilan

28 Oktober 2020 | 06:30 WIB
Vonis hukum telah diterima oleh Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat atas kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sejumlah emiten yang terafiliasi dengan kedua orang tersebut, melalui kepemilikan sahamnya pun bisa ikut terdampak putusan hukum itu.

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menemui babak baru. Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat telah mendapatkan putusan hukum dari pihak berwajib.

Dalam hal ini Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman seumur terhadap Komisaris PT Hanson International Tbk. Benny Tjokrosaputro alias Bentjok.

Hukuman serupa juga dijatuhkan kepada Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk. Heru Hidayat.

Baik Bentjok dan Heru disebut terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan negara senilai Rp16,8 triliun. Selain itu keduanya terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus pengelolaan keuangan dan dana investasi pada Jiwasraya.

Bedanya, kedua orang tersebut dikenai denda dengan nilai berbeda. keduanya dikenakan hukuman pidana uang pengganti yakni untuk Benny senilai Rp6,08 triliun dan Heru sebesar Rp10,73 triliun.

Jika uang pengganti itu tidak dibayar dalam waktu satu bulan setelah inkrah, maka harta benda Benny dan Heru akan disita dan dilelang oleh jaksa untuk menutup uang pengganti.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top