Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi Netflix. - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Premium

Dua Sisi 'Perlindungan' Pelanggan di Kisah Telkom dan Netflix

23 September 2020 | 17:19 WIB
Baru 2 bulan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. membuka blokir Netflix, kini para pelanggan kedua perusahaan kembali harap-harap cemas. Ada apa di balik ketegangan ini?

Bisnis.com, JAKARTA – Baru 2 bulan lalu, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. 'berbaikan' dengan penyelenggara layanan streaming video Netflix. Tepatnya pada 7 Juli 2020, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu membuka blokir Netflix yang sudah dilakukan sejak 2016.

Namun, beberapa hari terakhir ini para pelanggan kedua perusahaan sedang harap-harap cemas karena khawatir pemblokiran kembali dilakukan. Sebabnya adalah pernyataan Telkom yang menyinggung besarnya kebutuhan bandwidth streaming platform Video-on-Demand (VoD) tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (21/9/2020), Vice President Corporate Communication Telkom Arief Prabowo mengatakan kehadiran layanan Netflix di jaringan Telkom Group tak lepas dari komitmen bersama dalam menyediakan konten berkualitas serta mengedepankan kepentingan dan kenyamanan pelanggan di Indonesia.

Tapi, meningkatnya pelanggan Netflix turut mengerek kebutuhan bandwidth karena konten video streaming membutuhkan bandwidth besar. Oleh karena itu, emiten berkode saham TLKM itu menyatakan perlu ada upaya lebih untuk membuat semua pelanggan nyaman.

Dia melanjutkan saat ini, layanan Netflix membutuhkan akses ke luar Indonesia dengan bandwidth yang terus membesar dan mendominasi, sehingga berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan tidak hanya bagi para pengguna Netflix tetapi juga pengguna konten internet lainnya.

"Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas lebih banyak dilakukan dari rumah, masyarakat luas sangat membutuhkan akses internet, terutama untuk kebutuhan pendidikan, bekerja, kesehatan, dan layanan publik," papar Arief.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top