Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Warren Buffett.  - Bloomberg
Premium

Indonesia Kecipratan Investasi Baru Warren Buffett?  

02 September 2020 | 15:18 WIB
Warren Buffett baru saja membeli sejumlah saham perusahaan Jepang saat merayakan ulang tahun ke-90. Adapun, salah satu perusahaan yang dituju oleh Buffett itu memiliki sejumlah kemitraan dengan perusahaan dan proyek di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah perusahaan milik konglomerat Warren Buffett, Berkshire Hathway Inc. membeli saham di lima perusahaan Jepang senilai US$6 miliar, bisa jadi Indonesia juga kecipratan aliran investasi itu.

Mengutip Bloomberg Rabu (2/9/2020), Berkshire mengakuisisi sekitar 5 persen saham Itochu Corp., Marubeni Corp., Mitsubishi Corp., Mitsui & Co., dan Sumitomo Corp. dalam 12 bulan terakhir.

Investasi gabungan kelima perusahaan tersebut lebih dari US$6 miliar. Dengan estimasi kurs Rp14.500, maka nilai transaksi sekitar Rp87 triliun.

Marubeni, bersama dengan Mitsui, Mitsubishi, Itochu, dan Sumitomo, dianggap sebagai perusahaan Sogo Sosha atau perusahaan perdagangan terbesar di Jepang, serta memainkan peran penting dalam perekenomian Jepang.

Mitsubishi Corp., yang terbesar dari lima perusahaan tempat investasi Buffett, adalah produsen utama batu bara kokas dan mengendalikan salah satu rantai toko swalayan terbesar di Jepang. Sementara itu, Mitsui & Co., Itochu Corp., Mitsui & Co. dan Sumitomo Corp. sama beragamnya, dari mengoperasikan rumah sakit hingga menjual ban. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top