Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Siluet pekerja di proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).  (JIBI - Nurul Hidayat)
Premium

Lampu Kuning, Risiko Utang Wijaya Karya (WIKA) dan Jasa Marga (JSMR) Naik

25 Juni 2020 | 22:00 WIB
Wijaya Karya optimistis bisa mendapat dana talangan pemerintah sedangkan Jasa Marga tak mau meminta modal

Bisnis.com, JAKARTA— Lampu kuning risiko utang PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) meningkat sebagai konsekuensi target ambisius di sektor infrastruktur.

Belum lama ini, sejumlah lembaga pemeringkat utang memberikan opininya terhadap risiko terhadap beberapa perusahaan termasuk beberapa badan usaha milik negara (BUMN). Pada awal tahun 2020, S&P Global Ratings mengubah prospek utang Indonesia dari stabil menjadi negatif.

Hal itu pun berbuntut pada pengubahan prospek terhadap empat BUMN. Empat perseroan itu yakni PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

“Revisi ini mencerminkan sensitivitas entitas-entitas ini terhadap peringkat kredit negara di Indonesia, mengingat hubungan dan kepemilikan mayoritas oleh pemerintah,” ujar tim analis kredit S&P Global Ratings dalam laporannya.

Masuk ke kuartal II/2020, gelombang penurunan peringkat dan prospek kembali datang. Kali ini merupakan yang kedua bagi emiten berkode saham JSMR. Moody's Investor Service sebelumnya mengubah prospek atas surat utang PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menjadi negatif dari sebelumnya stabil. 

Pengubahan opini terhadap risiko utang JSMR terjadi lagi sehingga perusahaan sudah mengantongi tiga kali revisi opini dalam enam bulan terakhir. Moody’s memangkas peringkat Jasa Marga dari Baa2 ke Baa3 dengan outlook tetap negatif. Hal ini didasari oleh perkiraan dukungan pemerintah kepada Jasa Marga yang akan berkurang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top