Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Apes, Jasa Marga (JSMR) Sudah Jatuh Ketimpa Tangga

27 April 2020 | 14:26 WIB
PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) mendapat penurunan prospek peringkat utang dan tak bisa memanen kenaikan trafik akibat imbauan pelarangan mudik

Bisnis.com, JAKARTA—Nahasnya nasib PT Jasa Marga (Persero) Tbk. tahun ini karena mendapat penurunan prospek peringkat utang dari S&P Global Ratings dan tak bisa memanen kenaikan trafik kendaraan saat mudik Lebaran.

Berdasarkan publikasi resminya, S&P Global Ratings, lembaga pemeringkat merevisi outlook empat badan usaha milik negara (BUMN) dari stabil ke negatif. Keempat perusahaan tersebut adalah PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Penurunan prospek mengikuti tindakan S&P sebelumnya terhadap peringkat Indonesia. Peringkat Indonesia direvisi turun dari stabil menjadi negatif kendati peringkat BBB masih dipertahankan.  

“Revisi ini mencerminkan sensitivitas entitas-entitas ini terhadap peringkat kredit negara di Indonesia, mengingat hubungan dan kepemilikan mayoritas oleh pemerintah,” demikian tertulis dalam laporan tersebut, seperti dikutip Bisnis pada Minggu (26/4/2020).

Dari segi bisnisnya, emiten berkode saham JSMR itu mengalami penurunan pendapatan. Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan menyatakan trafik jalan tol yang menjadi penopang sumber pendapatan turun di kisaran 40 persen sepanjang Maret-April, dibandingkan dengan periode normal.

Menurutnya, momentum mudik justru akan diiringi penurunan trafik di sejumlah ruas dalam kota. Namun, dalam kondisi pandemi, kondisi keuangan perseroan semakin parah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top