Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan menunjukan uang dolar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Senin (18/5/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Mana yang Lebih Cuan: Emas, Reksa Dana atau Saham?

29 Mei 2020 | 12:23 WIB
Masih ada aset yang cuan di tengah ketidakpastian tinggi tahun ini

Bisnis.com, JAKARTA— Kendati ketidakpastian tinggi masih menyelimuti, ternyata masih ada yang menawarkan cuan. Inilah aset yang paling cuan di antara emas, reksa dana dan saham.

Berdasarkan data Bloomberg, Jumat (29/5/2020) pukul 11.11 WIB, harga emas berada di level US$1.733 per troy ounce atau naik 13,79 persen secara tahun berjalan.

Pada aset reksa dana, data Infovesta mencatat hanya indeks reksa dana pasar uang yang bertahan di zona hijau secara tahun berjalan. Artinya, hanya produk reksa dana yang berinvestasi di deposito dan surat utang jangka pendek ini yang tidak memberikan imbal hasil negatif kepada investornya.

Indeks reksa dana pasar uang yang tercermin lewat Infovesta Money Market Fund Index tercatat sebesar 1,54 persen atau mendekati indeks acuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebesar 1,61 persen.

Sementara itu, kinerja indeks reksa dana saham yang bisa dilihat pada Infovesta Equity Fund Index terperosok paling dalam sebesar -27,67 persen atau lebih parah dibanding Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai acuannya yang turun -25,13 persen.

Menyusul berikutnya indeks reksa dana campuran yang tercermin pada Infovesta Balanced Fund Index yang terdepresiasi -15,58 persen juga lebih buruk dibanding indeks acuannya yang sebesar -13,08 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top