Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengunjung berada di dekat layar monitor perdagangan Indeks Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (27/5/2020). Bisnis - Abdurachman
Premium

Emiten Ingin Divestasi Aset Kala Pandemi, Untung atau Buntung?

28 Mei 2020 | 19:00 WIB
Sejumlah emiten berencana melakukan divestasi asetnya kala pandemi virus corona

Bisnis.com, JAKARTA— Sejumlah jurus dilakukan emiten untuk mendapat likuiditas kala pandemi virus corona termasuk divestasi aset. Bila akhirnya dipilih, opsi ini sebenarnya bikin untung atau buntung?

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, setidaknya terdapat enam emiten yang telah mengungkapkan rencana divestasi asetnya.

Pertama, PT PP (Persero) Tbk. yang tengah berupaya mendivestasikan kepemilikannya di tiga proyek jalan tol dan satu pelabuhan. Emiten berkode saham PTPP itu menargetkan dapat meraup sedikitnya Rp1,25 triliun dari divestasi tersebut.

Kedua, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. tengah mencari dana segar dari divestasi 4—6 ruas jalan tol. Emiten bersandi saham WSKT itu optimistis dapat mendapatkan binding offer formal untuk dua ruas, selambat-lambatnya pada September 2020.

Ketiga, PT Medco Energi International Tbk. (MEDC) berencana melepaskan asetnya di Libya (Blok 47). Emiten tambang migas itu telah menyampaikan surat permintaan persetujuan atas pembukaan informasi teknis kepada beberapa pembeli potensial blok 47 kepada Pemerintah Libya.

Sebelumnya, perusahaan mengantongi keuntungan US$212 juta dari aksi divestasi 10 persen saham PT Amman Mineral Indonesia yang direalisasikan pada Februari.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top