Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi surat berharga negara
Premium

Investor Bakal Borong SUN pada Lelang Hari Ini

14 April 2020 | 06:48 WIB
Instrumen surat utang negara (SUN) yang ditawarkan hari ini diperkirakan bakal mencapai target penerbitan Rp20 triliun hingga Rp30 triliun

Bisnis.com, JAKARTA— Kondisi pasar obligasi yang positif bakal mampu mengerek minat investor sehingga mau memborong SUN yang ditawarkan pemerintah melalui lelang hari ini.

Kondisi positif di pasar, diyakini mampu membalikkan keadaan pada lelang SUN terakhir yakni pada 31 Maret 2020 dengan penawaran masuk sebesar Rp33,51 triliun. Adapun, lelang saat itu, menjadi lelang paling lesu selama tahun berjalan.

Lesunya pasar obligasi saat itu menjadi kontras bila dibandingkan dengan kondisi pasar pada awal tahun yang cenderung bullish karena bisa menarik permintaan masuk hingga Rp127,11 triliun.

Adapun, lelang hari ini merupakan lelang perdana pada kuartal II/2020 dan pemerintah telah menetapkan target penerbitan surat berharga negara (SBN) sebesar Rp144 triliun. Target tersebut tergolong lebih rendah mengingat pemerintah telah menerbitkan Rp227,9 triliun surat berharga negara (SBN) dari target Rp180,87 triliun pada kuartal I/2020.

Namun untuk target penerbitan dalam sekali lelang, target kali ini tergolong lebih tinggi karena biasanya pemerintah membidik target indikatif Rp15 triliun hingga Rp22,5 triliun.

Analis Mandiri Sekuritas Handy Yunianto menggarisbawahi terdapat beberapa perkembangan positif pasar obligasi dalam sepekan terakhir. Salah satunya yakni tekanan jual asing yang menurun cukup banyak.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top