Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSI ALIBABA: Berniat beli sahamnya dari Yahoo! senilai US$7 miliar

NEW YORK: Alibaba Group Holding Ltd. tengah merampungkan perjanjian pembelian kembali (buy back) 20% sahamnya dari Yahoo! Inc. sebesar US$7 miliar dan mungkin akan mengumumkan hasilnya besok pagi waktu Asia.Sumber yang mengetahui transaksi tersebut mengungkapkan

NEW YORK: Alibaba Group Holding Ltd. tengah merampungkan perjanjian pembelian kembali (buy back) 20% sahamnya dari Yahoo! Inc. sebesar US$7 miliar dan mungkin akan mengumumkan hasilnya besok pagi waktu Asia.Sumber yang mengetahui transaksi tersebut mengungkapkan pembelian saham ini mungkin akan memuluskan jalan Alibaba, penyedia jasa e-commerce terbesar di China, untuk melaksanakan penawaran umum perdana (IPO) 18 bulan kedepan.Menurut sumber yang menolak mengungkapkan identitasnya tersebut, Alibaba, yang dibantu pemegang sahamnya yang lain yakni Temasek Holdings Pte., Digital Sky Technologies, dan Silver Lake, berencana membiayai pembelian tersebut secara tunai dan kredit.Alibaba telah mencoba membeli kembali sahamnya lebih dari setahun terakhir dan meningkatkan usahanya pada September lalu ketika perusahaan AS ini memecat mantan CEO-nya, Carol Bartz.Menurut Jordan Rohan, analis Stifel Nicolaus & Co., pengurangan kepemilikan saham Alibaba ini melemahkan pijakan Yahoo! Di China yang merupakan pasar internet terbesar di dunia.“Bagi pemegang saham Yahoo, penjualan ini dan IPO jelas positif karena banyak yang mempertanyakan apakah Yahoo sanggup menguangkan asetnya yang ada di China tersebut,” ujar Rohan dalam laporan risetnya. (Bloomberg/api)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper