Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini Analis Saham Bahas Subsidi untuk Biodiesel

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang terus meningkat ke level US$70 per barel membuat subsidi untuk program biodiesel terus membengkak.
Biodiesel./.
Biodiesel./.

Bisnis.com, JAKARTA— Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang terus meningkat ke level US$70 per barel membuat subsidi untuk program biodiesel terus membengkak.

Adapun, subsidi untuk program biodiesel terus membengkak dari Rp2.900/liter pada awal tahun ini menjadi Rp5.500/liter pada Mei. Akibatnya, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) harus menyiapkan strategi alternatif pencarian dana tambahan jika terjadi defisit.

Sementara itu, dana sawit yang sudah terkumpul sekitar Rp15,87 triliun (termasuk proyeksi penghimpunan dana sawit tahun ini Rp9,5 triliun) yang diperkirakan hanya cukup untuk mensubsidi bahan bakar nabati selama 8 bulan-10 bulan.

Diperkirakan penurunan harga minyak bumi sebesar US$1 per barel dapat meningkatkan kebutuhan tambahan dana subsidi biodiesel sekitar Rp350 miliar. Sementara kenaikan harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) sebesar US$1/ton dibutuhkan tambahan dana sekitar Rp38 miliar.

Sejauh ini harga minyak sedang dalam tren penaikan namun harga minyak sawit mentah juga berada dalam tren penaikan sehingga subsidi dikhawatirkan akan terus membengkak.

“Emiten yang akan paling terkena dampak dari pelaksanaan program biodiesel tersebut adalah AKRA karena emiten merupakan salah satu pemasok utama bahan bakar minyak bersubsidi,” tulis HP Analytics dalam risetnya yang diterima hari ini, Rabu (4/5/2016).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper