Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Hasrat Emiten Restoran Dulang Cuan setelah PPKM Tamat
Lihat Foto
Premium

Hasrat Emiten Restoran Dulang Cuan setelah PPKM Tamat

Emiten restoran akan menjadi kelompok usaha yang mendulang keuntungan dari optimisme kenaikan daya beli pada 2023.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com
26 Januari 2023 | 05:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana perusahaan ekuitas asal Amerika Serikat General Atlantic untuk melepas kepemilikan minoritasnya atas saham PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) tak lantas meredupkan prospek bisnis restoran. Meja-meja yang terisi penuh di kafe dan restoran setelah Presiden Joko Widodo mencabut kebijakan pembatasan setidaknya menjadi sinyal positif prospek emiten-emiten di sektor ini.

Rencana divestasi General Atlantic terungkap dalam keterbukaan informasi yang dipublikasi pada Selasa (24/1/2023). Melalui entitasnya yang berbasis di Singapura GA Robusta F&B Company Ltd, General Atlantic akan melelang sebagian atau seluruh sahamnya di perusahaan pengelola jaringan Starbucks dan Subway itu.

General Atlantic tercatat menggenggam 421,16 juta saham MAPB atau setara 19,4 persen. Mereka juga memiliki efek bersifat ekuitas lainnya yang dapat ditukarkan dengan kepemilikan saham. General Atlantic pertama kali menyuntikkan investasi di MAP Boga Adiperkasa pada pengujung 2016, tak lama sebelum MAPB menawarkan sahamnya ke publik pada Juni 2017.

Rencana General Atlantic itu disambut kooperatif oleh MAPB. Manajemen mengemukakan bahwa General Atlantic bermaksud untuk menjual baik sebagian atau seluruhnya efek dengan cara tender atau lelang yang dilakukan melalui mekanisme penawaran terbatas yang bersifat privat (private placement). Penawaran ini akan menyasar pihak-pihak tertentu, baik di dalam negeri maupun luar negeri, yang ditunjuk oleh General Atlantic.

“Sehubungan dengan rencana private placement, General Atlantic telah meminta bantuan MAPB dengan ruang lingkup bantuan kepada Grup General Atlantic sebagaimana tercantum dalam Surat Permintaan Asistensi,” tulis manajemen MAPB.

MAPB juga meyakini bahwa transaksi tersebut bisa menguntungkan mereka. Sebab, aksi tersebut bisa membuat MAP Boga menggaet investor potensial yang akan memberikan dukungan jangka panjang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top