Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Subsidi Motor Listrik dan Deretan Emiten yang Bisa Ketiban Berkah
Lihat Foto
Premium

Subsidi Motor Listrik dan Deretan Emiten yang Bisa Ketiban Berkah

Kebijakan pemerintah yang akan memberikan subsidi pembelian sepeda motor listrik, berpeluang memberikan berkah bagi emiten yang berbisnis di sektor tersebut.
Nyoman Ary Wahyudi & Rinaldi M. Azka
Nyoman Ary Wahyudi & Rinaldi M. Azka - Bisnis.com
30 November 2022 | 14:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Langkah cepat sedang dilakukan oleh pemerintah untuk memacu transisi dari kendaran berbahan bakar fosil ke energi listrik. Skema subsidi pun disiapkan agar masyarakat lebih terjangkau untuk membeli kendaraan listrik tersebut.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Oktober lalu mengatakan, pemerintah tengah merampungkan kebijakan paket subsidi hingga insentif keuangan lainnya untuk pembelian kendaraan listrik di tengah masyarakat. Kebijakan tersebut menyasar langsung pada kemampuan daya beli masyarakat.

“Kami sedang bekerja keras memfinalkan bagaimana kita memberikan subsidi kepada kendaraan listrik, sepeda motor, dan transportasi umum lainnya sehingga dalam 10 tahun ke depan kita betul-betul bisa mandiri dengan energi baru terbarukan [EBT],” kata Luhut, dalam agenda Special Event Road to G20 by Himpuni di IPB International Convention Center Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10/2022). 

Sementara itu, baru-baru ini, Luhut pun menyatakan subsidi tersebut akan mulai diberikan pada tahun depan. Adapun salah satu sasaran subsidi itu adalah sepeda motor listrik. Besaran subsidi itu menurutnya berkisar antara Rp6 juta – Rp7 juta.

Kebijakan tersebut apabila terlaksana, tentu akan menjadi sentimen positif bagi perusahaan produsen kendaraan listrik. Sebab, subsidi tersebut akan menjadi insentif sekaligus daya tarik tersendiri bagi konsumen Indonesia.

Adapun, di Indonesia, sejumlah perusahaan telah masuk dan menjajal bisnis kendaraan listrik tersebut. Beberapa di antaranya bahkan merupakan perusahaan yang terdaftar di lantai bursa alias emiten.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top