Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Kampanye Afiliasi Lippo di Matahari Department Store (LPPF)
Lihat Foto
Premium

Kampanye Afiliasi Lippo di Matahari Department Store (LPPF)

Ketika investor publik sedang bosan dengan saham Matahari Departement Store (LPPF), Lippo memperagakan aksi beli di harga tinggi.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
16 November 2022 | 16:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Auric Digital Retail, sayap afiliasi bos Lippo Stephen Riady dan menantunya Andy Adhiwana, kembali memborong saham PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF). Entitas jembatan konsolidasi bisnis Lippo di Indonesia dan Singapura itu membeli 17,9 juta atau sekitar 179 ribu lot saham tambahan di LPPF.

Menariknya, Auric memperagakan gestur optimistis bahwa valuasi saham LPPF saat ini sepadan dengan prospek bisnisnya. Sebab, kendati mayoritas (97,7 persen) dari saham yang mereka beli diserap lewat mekanisme pasar negosiasi, Auric tetap menyepakati harga pembelian yang tidak beda jauh dari harga saham LPPF di pasar reguler, yang telah naik belasan persen year-to-date (ytd).

Transaksi pindah buku Auric di pasar negosiasi, yang bernilai Rp81,8 miliar, disepakati lewat CGS-CIMB dan Maybank Kim Eng sebagai perantara, dengan harga rata-rata Rp4.671,4 per saham. Pada dua hari yang sama, harga rata-rata kesepakatan transaksi saham LPPF di pasar reguler adalah Rp4.722,2 per saham.

“Tujuan investasi [Auric] adalah investasi, dengan status kepemilikan saham langsung,” tulis Drektur Auric Digital Retail Christoper Tan dalam dokumen yang dikirim kepada otoritas Bursa Efek Indonesi (BEI), Senin (14/11/2022)

Gestur macam itu, agaknya, memang sedang dibutuhkan LPPF untuk menjaga kepercayaan investor publik. Ini menimbang keringnya likuiditas transaksi yang sedang meliputi pengelola gerai ritel modern Matahari tersebut. Likuiditas kecil mengindikasikan bahwa investor sedang tidak begitu tertarik untuk berjual-beli saham LPPF.

Sepanjang separuh bulan November (1-15 November) contohnya, jumlah transaksi saham LPPF di pasar reguler baru mentok pada jumlah 176.024 lot. Kendati harga kesepakatan rata-rata di kalangan investor relatif naik, namun jumlah ini mengkhawatirkan bagi stabilitas harga LPPF ke depannya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top