Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Kinerja Membaik, Saham SIDO Bebas ‘Masuk Angin’?
Lihat Foto
Premium

Kinerja Membaik, Saham SIDO Bebas ‘Masuk Angin’?

Memasuki kuartal III/2022, kinerja keuangan SIDO perlahan membaik, memberi asa perbaikan kinerja sahamnya.
Reni Lestari & Nuhansa Mikrefin Yoedo P.
Reni Lestari & Nuhansa Mikrefin Yoedo P. - Bisnis.com
17 Oktober 2022 | 16:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja keuangan emiten konsumer PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada kuartal III/2022. Perkembangan itu turut membawa terbang proyeksi sejumlah analis terhadap SIDO, yang awalnya layu tertekan lesunya permintaan pada paruh pertama 2022.

Dalam riset terbarunya yang dirilis 14 Oktober 2022, BRI Danareksa Sekuritas mengentaskan SIDO dari rekomendasi hold ke buy karena perkiraan pendapatan yang lebih baik pada kuartal ke-3 tahun ini. Ekspektasi volume penjualan yang lebih tinggi di segmen jamu juga akan menghasilkan peningkatan laba bersih pada kuartal ketiga 2022.

Sebelumnya, pada awal Agustus lalu, Natalia Sutanto, analis BRI Danareksa Sekuritas menurunkan rating SIDO dari buy ke hold karena kinerja keuangan yang meleset dari ekspektasi. Kinerja top line dan bottom line mengalami penurunan masing-masing 2,6 persen yoy dan 11 persen yoy pada semester I/2022.

Sejumlah analis lain juga kompak menurunkan rekomendasi SIDO dari buy ke hold. Pebe Peresia dari Samuel Sekuritas, misalnya, juga menurunkan target harga SIDO dari Rp1.110 ke Rp830. Begitu pula Raka Junico dari MNC Sekuritas yang pada awal Agustus menyematkan rating hold dengan target harga Rp780. Namun demikian, situasi mulai berbalik seiring volume penjualan yang membaik.

"Kami berbicara dengan Sido Muncul dan perusahaan menyatakan bahwa penjualannya dari Juli hingga Agustus menunjukkan peningkatan (dibandingkan Juni dan rata-rata penjualan kuartal II/2022)," kata Natalia dikutip Senin (17/10/2022).

Selanjutnya, pada September 2022, SIDO juga melaporkan penjualan bulanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya di pada kuartal III/2022.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top