Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Mayora Indah (MYOR) dan Sido Muncul (SIDO) Mengelak dari Tekanan Depresiasi Rupiah
Lihat Foto
Premium

Mayora Indah (MYOR) dan Sido Muncul (SIDO) Mengelak dari Tekanan Depresiasi Rupiah

Emiten barang konsumer PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) menyiapkan strategi untuk menghadapi depresiasi rupiah dan inflasi yang menyebabkan kenaikan harga bahan baku.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com
11 Juli 2022 | 08:27 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Pelemahan nilai tukar rupiah tahun ini ditindaklanjuti dengan strategi mumpuni oleh emiten barang konsumer seperti PT Mayora Indah Tbk. dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Selain opsi menaikkan harga jual produk untuk menjaga marjin, emiten yang banyak melakukan ekspor juga berpotensi mendapatkan lebih banyak cuan.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup menguat 0,15 persen menjadi Rp14.979 per dolar AS pada Jumat (8/7/2022). Sejak awal tahun, rupiah terdepresiasi 5,02 persen.

Salah satu emiten barang konsumer yang banyak melakukan ekspor, PT Mayora Indah Tbk. (MYOR), menyatakan perkembangan nilai tukar rupiah yang cenderung terdepresiasi terhadap dolar Amerika Serikat tidak berdampak signifikan pada kinerja perseroan.

Sekretaris Perusahaan MYOR Yuni Gunawan menjelaskan bahwa mayoritas bahan baku yang dipakai Mayora telah dipasok dari dalam negeri. Selain itu, sekitar 40 persen penjualan MYOR disumbang dari pasar ekspor.

“Bahan baku Mayora sebagian besar lokal seperti minyak nabati dan kopi. Pendapatan kami 40 persen juga dari ekspor sehingga diuntungkan dengan pelemahan rupiah,” kata Yuni dalam jawaban tertulis yang diterima Bisnis, Minggu (10/7/2022).

Dalam paparan publik belum lama ini, Direktur Mayora Indah Wardhana Atmadja mencatat adanya kenaikan harga pada sejumlah komoditas yang dipakai dalam aktivitas produksi MYOR. Untuk mengantisipasi hal tersebut dan tantangan eksternal lainnya, Mayora Indah telah mencari lebih banyak pemasok bahan baku sehingga memperoleh bahan baku yang kompetitif harganya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top