Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas disalah satu kantor cabang PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Lihat Foto
Premium

Magnet Baru Rights Issue Bank Amar (AMAR) Usai Merapatnya Investree

Seiring merapatnya Investree, rights issue PT Bank Amar Tbk. (AMAR) berpotensi mengundang lebih banyak serapan investor.
Rika Anggraeni & Herdanang Ahmad Fauzan
Rika Anggraeni & Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
24 Mei 2022 | 16:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Amar Tbk. (AMAR) akan kembali berburu modal inti lewat penerbitan saham baru dengan hak memesan efek alias rights issue yang ditarget rampung pada Juli 2022. Berbeda dari rights issue sebelumnya, aksi galang dana kali ini berpotensi menarik animo lebih tinggi di kalangan pelaku pasar, seiring merapatnya Investree sebagai calon investor strategis anyar perseroan.

Sebagai pengingat, dalam rights issue sebelumnya yang dihelat pada pengujung Februari 2022, AMAR memang sukses meraup dana segar sekitar Rp1 triliun. Namun, patut digarisbawahi jika kesuksesan tersebut lebih banyak disebabkan partisipasi Tolaram Group selaku pengendali dan pembeli siaga, yang menyerap lebih dari separuh saham baru perseroan.

Kondisi tersebut juga diamini data partisipasi investor dengan kepemilikan di bawah 5 persen yang minim. Tepatnya mentok di kisaran Rp100 miliaran saja. Padahal, keseluruhan nilai emisi kala itu mencapai Rp1 triliun.

Kalangan analis berkata kalau minimnya partisipasi investor dengan kepemilikan di bawah 5 persen saat itu disebabkan belum munculnya sosok mitra atau investor strategis. Pasalnya, dalam investasi saham bank digital, peran investor strategis sebagai motor pembentuk ekosistem dinilai krusial.

“Yang ditunggu investor dari bank digital adalah siapa investor strategis baru karena ekosistem itu sangat penting,” ujar Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana.

AMAR tampaknya telah belajar dari pengalaman tersebut. Kini, mereka menatap rencana rights issue kedua yang dijadwal Juli mendatang dengan semangat baru, seiring merapatnya Investree sebagai investor strategis.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top