Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Papan nama Tesla di luar showroom di South Austin, Amerika Serikat, Sabtu, (16/10 - 2021). Bloomberg / Mark Felix
Lihat Foto
Premium

Investasi Berkelanjutan dan Tercoretnya Tesla dari Indeks ESG S&P

Produsen kendaraan listrik Tesla terdepak dari Indeks S&P versi ESG, memunculkan kontroversi soal standar pengukuran berkelanjutan. Di sisi lain, investasi ESG di Tanah Air mulai bergeliat.
Reni Lestari & Ika Fatma Ramadhansari
Reni Lestari & Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com
20 Mei 2022 | 12:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Di saat yang sama ketika investasi berkelanjutan di dalam negeri mulai bergeliat, Tesla, produsen kendaraan listrik paling terkenal di dunia, kehilangan posisinya di indeks S&P versi Environmental, Social and Governance (ESG).

Sebagai perusahaan yang digadang-gadang menciptakan mesin pemangkas emisi karbon, perkembangan ini cukup mengejutkan. CEO Tesla, Elon Musk bahkan mengungkapkan kekesalannya melalui cuitan di Twitter, menuduh indeks tersebut adalah sebuah penipuan.

Pihak Indeks S&P Dow Jones mengatakan bahwa skor Tesla Inc. pada standar lingkungan, sosial, dan tata kelola cukup stabil selama setahun terakhir. Namun, peringkat Tesla merosot dan disalip perusahaan-perusahaan global lainnya.

Pengelola indeks tersebut menyoroti kekhawatiran tentang kondisi lingkungan kerja dan penanganan investigasi soal kematian akibat kecelakan dan cedera yang terkait dengan sistem kemudinya. Kurangnya strategi rendah karbon dan kode etik bisnis juga diperhitungkan.

"Sementara Tesla mungkin memainkan perannya dalam memangkas mobil bertenaga fosil dari jalan, perusahaan telah tertinggal ketika diperiksa melalui lensa ESG yang lebih luas," kata Margaret Dorn, direktur senior dan kepala indeks ESG untuk S&P Dow Jones di Amerika Utara, dikutip Bloomberg, Jumat (20/5/2022).

Sementara itu, Elon Musk menanggapi keputusan tersebut dengan sinis. Dia memprotes masuknya konglomerasi minyak Exxon Mobil ke peringkat sepuluh besar dunia pada indeks ESG, sedangkan perusahaannya justri didepak dari daftar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top