Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Seorang pria berjalan melewati papan elektronik yang memajang harga saham di lobi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin, (11/4 - 2022). Bloomberg / Dimas Ardian
Lihat Foto
Premium

Kinerja Keuangan & Saham Avian (AVIA) Layu, Masih Bisa Cuan?

Avia Avian (AVIA) mencatatkan kinerja keuangan dan saham yang layu pada kuartal pertama tahun ini. Namun, geliat ekonomi dan pangsa pasar yang besar ditaksir mampu mengatrol performa perseroan sepanjang 2022. Masihkah AVIA bisa cuan?
Reni Lestari & Dewi Soemanegara
Reni Lestari & Dewi Soemanegara - Bisnis.com
19 Mei 2022 | 18:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten produsen cat, material konstruksi, dan produk kimia PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mengalami penurunan kinerja keuangan pada kuartal I/2022. Hal itu seiring dengan layunya kinerja saham entitas besutan crazy rich Surabaya Hermanto Tanoko itu, usai melantai di bursa saham pada akhir tahun lalu.

Sampai penutupan perdagangan Kamis (19/5/2022), saham AVIA ditransaksikan investor senilai Rp745 per lembar. Angka ini menunjukkan tren penurunan 19,45 persen dari nilai saham Rp925 per lembar saham pada awal tahun ini. Adapun, banderol saham AVIA pada saat IPO tahun lalu senilai Rp930 per lembar.

AVIA sebenarnya berhasil membukukan transaksi di pasar reguler senilai Rp2,5 triliun secara year-to-date (ytd). Namun, perlu digarisbawahi juga kecenderungan aksi jual oleh investor asing yang tinggi dengan rekapitulasi net sell yang menembus Rp162,32 miliar secara ytd.

Mengintip kinerja keuangan teranyar, AVIA mencatatkan penurunan penjualan bersih sebesar 9,0 persen menjadi Rp1,8 triliun. Laba bersih juga terkoreksi 15,3 persen menjadi Rp385,4 miliar dengan margin bersih juga sedikit menurun menjadi 23,5 persen versus 25,3 persen pada kuartal I/2021.

Penurunan kinerja ditengarai karena permintaan pada kuartal pertama tahun lalu lebih tinggi secara tidak normal setelah kondisi Covid-19 yang berkepanjangan.

Namun demikian, berdasarkan proyeksi konsensus analis yang dihimpun Bloomberg, AVIA masih akan membukukan pertumbuhan kinerja hingga 2024. Tahun ini pertumbuhan pendapatan diperkirakan sebesar 13,93 persen, menyusul kemudian 12,51 persen pada 2023, dan 8,50 persen pada 2024.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top