Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Do Kwon, cofounder dan chief executive officer Terraform Labs, di kantor perusahaan di Seoul, Korea Selatan, pada Kamis, 14 April 2022. Kwon mengandalkan cryptocurrency tertua sebagai backstop untuk stablecoinnya, yang oleh beberapa kritikus disamakan untuk skema Ponzi ginormous. Fotografer: Woohae Cho - Bloomberg
Lihat Foto
Premium

Jejak Do Kwon: Jebolan Stanford, Perintis Terra LUNA dan UST

Do Kwon, cofounder Terraform Labs yang mengembangkan Terra LUNA dan UST, diduga juga pernah terlibat dalam kegagalan proyek stablecoin Basis Cash (BAC).
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
13 Mei 2022 | 13:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Do Kwon, cofounder Terraform Labs yang merupakan entitas di balik pengembang koin kripto Terra alias LUNA dan stablecoin TerraUSD (UST) menjadi orang paling dicari di dunia pekan ini. Semua tidak lepas dari pergerakan harga LUNA dan UST yang sedang terjun ke jurang dan bikin puluhan bahkan ratusan juta orang geleng-geleng kepala.

Seturut data Coinmarketcap, hingga Jumat (13/5/2022) siang pukul 12.20 WIB, LUNA hanya memiliki nilai tukar US$0,00004066 atau setara Rp0,59 per keping (kurs Rp14.620 per US$). Nilai ini merefleksikan penurunan hampir 100 persen dari posisi US$80,79 atau Rp1.181.149 per keping secara mingguan.

Coinmarketcap mencatat bahwa LUNA kini hanya menempati peringkat 230 daftar aset kripto berdasarkan kapitalisasi pasar. Padahal, sebelum krisis terjadi dalam sepekan terakhir, LUNA adalah ‘penghuni tetap’ jajaran 10 besar aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Penurunan peringkat ini pun membuat beberapa platform kripto menghapus LUNA dari daftar perdagangan yang dilayani. Termasuk platform asal Indonesia Tokocrypto, yang resmi menghapus LUNA di dalam aplikasinya Jumat (13/4) pagi hari ini.

“Penyesuaian [penghapusan LUNA] tidak akan mempengaruhi perdagangan spot dan fungsi lain yang relevan,” tulis pihak Tokocrypto dalam keterangan tertulisnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top