Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pejalan kaki melintas di depan iklan Indofood 2003. - Bloomberg / Josh Estey
Lihat Foto
Premium

Prospek Gurih Saham Grup 'Bos Indomie' Anthoni Salim, Orang Terkaya ke-3 di Indonesia

Sejumlah saham emiten Grup Salim yang dinakhodai Anthoni Salim, orang terkaya ke-3 di Indonesia, memiliki prospek yang menarik pada 2022.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com
05 April 2022 | 22:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah emiten di bawah konglomerasi Grup Salim membukukan kinerja positif sepanjang 2021. Daya beli yang membaik seiring dengan pemulihan ekonomi dan peningkatan harga komoditas primer menjadi segelintir faktor yang mendorong performa bisnis.

Pertumbuhan kinerja emiten tersebut tentunya menambah pundi-pundi kekayaan Anthony Salim, sebagai nakhoda Grup Salim saat ini di generasi kedua setelah mendiang Liem Sioe Liong. 

Mengutip data Indonesia’s 50 Richest 2021 Forbes, kekayaan Anthoni Salim mencapai US$8,5 miliar atau sekitar Rp121,55 triliun (estimasi kurs Rp14.300 per dolar AS). Anthoni Salim dan keluarga pun menjadi orang ketiga terkaya di Indonesia, di bawah Keluarga Hartono (Grup Djarum) dan Keluarga Widjaja (Grup Sinar Mas).

Kekayaan keluarga Salim di tahun 2021 meningkat signifikan di tahun sebelumnya 2020 yang masih berada di angka US$5,9 miliar, US$5,5 miliar pada 2019, dan US$5,3 miliar pada 2018.

Meningkatnya pundi-pundi pendapatan Grup Salim setidaknya tecermin dari laporan kinerja keuangan 2021 yang telah dirilis 5 emitennya, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP), PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP, dan PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI).

Sepanjang 2021, INDF tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp99,35 triliun, 22 persen lebih tinggi daripada capaian sepanjang 2020 sebesar Rp81,73 triliun. Dari sisi bottom line, laba bersih INDF meningkat 18 persen, dari Rp6,46 triliun pada 2020 menjadi Rp7,64 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top