Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Alat stacker-reclaimer batu bara PT Bukit Asam Tbk. (PTBA). Alat ini digunakan untuk mengambil batu bara dari tumpukan menuju conveyor untuk kemudian dikirim ke train loading station. - Bisnis / Aprianto Cahyo Nugroho
Lihat Foto
Premium

Menadah Dividen Saham Batu Bara, Siapa Paling Royal Guyur Pemegang Saham?

ADRO, PTBA, ITMG dan UNTR adalah emiten batu bara dengan rekam jejak yield dividen atraktif. Jelang musim bagi-bagi laba, mana yang menarik?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
23 Maret 2022 | 13:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Daya tarik emiten sektor batu bara sepertinya belum benar-benar luntur. Setelah euforia lonjakan harga komoditas, investor sudah dinanti potensi cuan dari dividen saham emas hitam seperti PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG), PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan PT United Tractors Tbk. (UNTR).

Stigma royal dividen, tidak bisa dipungkiri lagi, memang lekat dengan perusahaan-perusahaan di sektor pertambangan terutama batu bara.

Bursa telah memiliki indeks IDX HIDIV20 yang berisi emiten dengan rekam jejak yield tinggi. Dari 20 anggota yang terdaftar saat ini, empat emiten di antaranya adalah perusahaan dengan bisnis terkait komoditas batu bara (ADRO, ITMG, PTBA, UNTR).

Jumlah ini melebihi perwakilan entitas-entitas di subsektor lain. Perbankan, sektor yang juga dikenal dermawan bagi-bagi cuan, bahkan kalah dominan karena hanya memiliki tiga perwakilan (BBCA, BBRI, BMRI) di indeks yang sama.

IDX HIDIV20 sendiri telah menunjukkan grafik hijau sejak awal tahun. Data per jeda perdagangan hari ini menunjukkan bahwa indeks tersebut telah berada pada level 515,84, naik 10,14 persen dari posisi 468,34 secara year to date (ytd).

Kenaikan ini agaknya memvalidasi besarnya minat investor terhadap saham-saham royal dividen. Apalagi, levelnya cenderung lebih tinggi dibandingkan kenaikan IHSG yang baru berkisar 4,9 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top