Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan pabrik Polyethylene (PE) baru berkapasitas 400.000 ton per tahun di kompleks petrokimia terpadu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (CAP), Cilegon, Banten, Selasa, (18/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Lihat Foto
Premium

Siasat TPIA Cari Peluang di Tengah Tekanan dan Optimalkan Ekspansi

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) memiliki strategi untuk berkelit dari tekanan fluktuasi harga minyak, sembari mempertahankan ambisinya untuk melakukan ekspansi.
Mutiara Nabila & Rinaldi M. Azka
Mutiara Nabila & Rinaldi M. Azka - Bisnis.com
16 Maret 2022 | 08:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Tekanan dari sektor energi secara global masih membayangi sejumlah perusahaan di Indonesia, tak terkecuali PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA).

Kendati demikian, TPIA tampak bergeming dengan adanya tekanan dari sisi energi tersebut, terutama berupa fluktiatifnya harga minyak dunia.

Seperti diketahui, setelah sempat menembus rekor tertinggi sejak Maret 2012 pada 8 Maret lalu dengan menembus US$123,2 per barel, minyak jenis Brent justru jatuh ke level US$99,28/barel pada Rabu (16/3/2022). Hal serupa terjadi pada minyak jenis WTI yang sempat mencapai rekor US$120,1 per barel dan kini berada pada level US$95,96 per barel.

Kondisi fluktuatifnya harga minyak dunia tersebut tentu menjadi sentimen tersediri bagi TPIA sebagai produsen produk petrokimia d Indonesia.

Direktur TPIA Suryandi mengatakan, perseroan sejauh ini sedang mencermati dampak fluktuasi harga minyak dunia terhadap kinerja perseroan. Terlebih, TPIA membutuhkan nafta yang merupakan produk hasil distilasi minyak bumi, sebagai bahan baku perusahaan.

“Sehingga kita harus mencermati dari inventori, pembelian, dan bagaimana kebutuhan dari Nafta tersebut agar dapat diproduksi dan tetap terserap dan harga produk petrokimia bisa naik juga seiring berjalannya waktu,” ujar Suryandi dalam konferensi pers, Selasa (15/3/2022).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top