Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja di smelter logam dasar. - Bloomberg / David Gray
Lihat Foto
Premium

Tornado Saham Antam (ANTM) : Antara Rekor Harga Nikel & Kasus Tsingshan

Saham Antam (ANTM) mengalami pasang surut signifikan sejak pekan lalu. Padahal saat yang sama lonjakan harga nikel terjadi di dunia. Rekor yang ditengarai karena kasus margin call Tsingshan. Perusahaan yang juga memiliki smelter di Morowali. Seperti apa peluang pergerakannya untuk jangka pendek?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
10 Maret 2022 | 19:43 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam sepekan terakhir, saham PT Aneka Tambang Tbk. alias Antam (ANTM) bergerak seperti wahana tornado. Sempat ngacir diterbangkan lonjakan sentimen harga komoditas termasuk nikel dan emas akibat perang Rusia-Ukraina, belakangan gerak ANTM lebih sukar diterka seiring munculnya kasus margin call yang melibatkan Tsingshan Holding Group di London Metal Exchange (LME).

Menurut analisis Trimegah Sekuritas, ANTM dan perusahaan komoditas lain seperti PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) dan PT Harum Energy Tbk. (HRUM) rentan terpengaruh dinamika perkembangan kasus tersebut lantaran status Tsingshan. Entitas ini merupakan pemain nikel terbesar global sekaligus motor penggerak hilirisasi di Indonesia.

Margin call adalah permintaan broker agar suatu pihak melakukan penyetoran ke dalam akun untuk mencapai nilai minimum. Lazimnya, tindakan ini dilakukan sebagai langkah perlindungan di tengah volatilitas harga suatu komoditas.

Dalam kasus Tsingshan, entitas asal China tersebut terancam tidak mampu memenuhi deposit margin call karena kegagalannya memenuhi kontrak nikel di LME. Kegagalan ini dipicu oleh minimnya pasokan sumber lain, usai sebelumnya kualitas nikel Tsingshan dinyatakan tidak memenuhi standar minimal LME.

Dalam konteks sektoral secara luas, kasus Tsingshan membuat harga nikel melonjak semakin tinggi dan menguntungkan emiten sektor komoditas. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top