Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Seorang karyawan menuangkan sekantong tepung terigu ke dalam mesin pencampur untuk menyiapkan adonan di pabrik roti Tan Ek Tjoan di Ciputat, Provinsi Banten, Indonesia.  - Bloomberg
Lihat Foto
Premium

Peran Grup Salim, Soeharto dan AS di Sejarah Ketergantungan Gandum Indonesia

Grup Salim, Soeharto dan Amerika Serikat berperan besar terhadap awal mula komoditas gandum masuk sebagai salah satu bahan baku produk pangan di Indonesia.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com
07 Maret 2022 | 13:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kekhawatiran mengenai efek konflik Ukraina dan Rusia terhadap pasokan gandum ke Indonesia, menyeruak akhir-akhir ini. Hal itu tak lepas dari posisi Indonesia sebagai importir terbesar gandum di dunia.

Sekadar informasi, Indonesia merupakan importir utama dan terbesar gandum di dunia. Posisinya bahkan mengungguli dua negara lain yakni Turki dan Mesir.

Berdasarkan data trademap.org pada 2020 lalu, Indonesia mengimpor gandum dengan volume sebanyak 10,29 juta ton. Sementara itu, Turki mengimpor sebanyak 9,65 juta ton dan Mesir sebanyak 9,59 juta ton.

Adapun, Ukraina merupakan negara pemasok gandum terbesar bagi Indonesia. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pada 2020 volume impor gandum Indonesia dari Ukraina mencapai 2,96 juta ton

Indonesia sendiri memiliki, sejumlah lahan pertanian gandum yang tersebar di Jawa Timur dan beberapa kawasan Indonesia Timur. Namun, luas lahan tersebut tergolong kecil, lantaran karakternya sebagai tanaman daerah subtropis. Tak heran Indonesia masih sepenuhnya mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan gandum nasional, utamanya untuk tepung terigu.

Namun bagaimana awal mula Indonesia memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap gandum yang hingga saat ini masih sepenuhnya dicukupi dari impor? Setidaknya, terdapat tiga pihak yang berperan cukup besar dalam hal tersebut, yakni Soeharto, Grup Salim dan Amerika Serikat (AS).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top