Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Emiten produsen amonia dan LPG, PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA), mengumumkan identitas logo barunya.
Lihat Foto
Premium

Kebijakan Rusia dan Efek ke Surya Esa Perkasa (ESSA) serta Produsen Pupuk

Penghentian ekspor amonium nitrat (AN) oleh Rusia, berpeluang memberikan dampak kepada kinerja PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA) dan produsen pupuk di Indonesia.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
04 Maret 2022 | 16:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah meningkatnya tensi konflik dengan Ukraina, Rusia resmi melarang ekspor amonium nitrat (AN) sejak 2 Februari hingga 1 April 2022. Pelarangan tersebut dilakukan untuk menjamin pasokan bagi petani domestik.

Gas amonia yang menjadi salah satu bahan utama dalam produksi AN telah mengalami kenaikan harga lebih dari lima kali lipat sejak Oktober 2020. Kenaikan harga gas amonia tersebut dapat berdampak pada harga AN. 

Melansir dari S&P Global, harga yang tinggi membuat petani mempertimbangkan kembali jenis tanaman yang ditanam, seperti kedelai karena membutuhkan lebih sedikit pupuk nitrogen. Sekadar informasi, amonium nitrat adalah salah satu dari dua sumber utama pupuk nitrogen, dengan sumber utama nitrogen lainnya berasal dari urea.

"Permintaan tambahan telah muncul di pasar domestik untuk amonium nitrat dari produsen pertanian dan bisnis industri," kata Kementerian Pertanian Rusia seperti dikutip dari S&P Global, Rabu (4/3/2022).

Tingginya permintaan pupuk nitrogen di Rusia salah satunya diakibatnya tibanya masa menabur benih ketika memasuki peralihan dari musim dingin ke musim semi. Rusia menjadi eksportir terbesar di dunia, sekitar dua per tiga dari 20 juta ton produksi amonium nitrat tahunan dunia.

Sebagian besar AN digunakan dalam pupuk untuk meningkatkan hasil panen seperti jagung, kapas, dan gandum. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa atau The Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) memperkirakan total produksi pupuk nitrogen menjadi sekitar 190 juta ton pada 2022.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top