Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja membersihakan lantai di depan patung William Soeryadjaya, pendiri Astra. - Antara / Hafidz Mubarak A
Lihat Foto
Premium

Tembus Usia Enam Dekade, Intip Kinerja Emiten Grup Astra

Sejumlah emiten di bawah naungan Grup Astra mencatatkan kinerja yang beragam sepanjang tahun lalu. Siapa yang paling moncer?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
17 Februari 2022 | 18:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Grup Astra menjadi salah satu konglomerasi yang diperhitungkan di Indonesia. Hal itu tak lepas dari sepak terjangnya di Tanah Air yang akan memasuki usia 65 tahun pada 20 Februari mendatang.

Sebagai konglomerat, Grup Astra tentu memiliki beragam entitas atau anak usaha yang bergerak di berbagai lini. Adapun, sejumlah entitas yang menghuni lantai bursa, terbilang paling menarik perhatian publik lantaran sifatnya sebagai perusahaan terbuka. Meskipun demikian, tak semua emiten di bawah naungan Grup Astra mencatatkan kinerja moncer. 

Salah satu emiten yang menjadi bagian dari Grup Astra sekaligus induk konglomerasi adalah PT Astra International Tbk. (ASI). Adapun mayoritas saham ASII dipegang oleh Jardine Cycle & Carriage LTD atau JCCL Group sebesar 50,11 persen, sementara itu 49,89 persen kepemilkan sahamnya diperjualbelikan bagi publik.

Emiten dengan kode saham ASII bisa dibilang menjadi saham yang cukup diperhitungkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) karena termasuk dalam indeks saham LQ45. Apalagi, ASII merupakan perusahaan yang mendominasi pasar otomotif di Indonesia. 

Namun demikian dalam riset teranyarnya mengenai ASII pada awal Februari 2022, J.P. Morgan menyorot pergerakan saham perseroan terbilang underperfom 10 persen dibandingkan dengan IHSG dalam 3 bulan terakhir. Kondisi itu dinilai disebabkan oleh kekhawatiran terhadap volume penjualan mobil pada 2022.

J.P. Morgan menyebut skema pajak barang mewah untuk periode 2022 tidak sesuai ekspektasi. Dampak dari kebijakan itu diprediksi akan tecermin dari volume penjualan Januari 2022.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top