Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki PT Waskita Karya (Persero) Tbk. - wtr.co.id\\r\\n
Lihat Foto
Premium

Menakar Right Issue Jumbo Waskita (WSKT) di Kasta Blue Chips

Aksi korporasi tambah modal Waskita Karya (WSKT) pada 2022 ini ditargetkan meraup dana sekitar Rp7 triliun. Akankah aksi ini lebih mulus mengingat Waskita baru saja dinobatkan Bursa Efek Indonesia sebagai saham blue chips alias anggota LQ45?
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com
15 Februari 2022 | 06:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk. (WSKT) kembali bersiap menggelar aksi tambah modal melalui skema right issue pada 2022 ini. Aksi korporasi itu seiring keputusan pemerintah melakukan penyuntikan modal sebesar Rp3 triliun. 

Waskita juga akan berupaya menurunkan porsi saham pemerintah yang saat ini mencapai 75,35 persen menjadi 66,04 persen. Divestasi saham pemerintah ini sesuai dengan arahan pemegang saham.

"Kami menggunakan asumsi itu dulu, [saham pemerintah] kembali ke 66 persen sehingga dana publik nanti diperkirakan ditargetkan itu total maksimum menjadi Rp3,9 sampai dengan Rp4 triliun," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Taufik Hendra Kusuma dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Senin (14/2/2022).

Artinya, dalam gelaran right issue terbaru yang diselenggarakan pada 2022 ini, WSKT akan mendapatkan tambahan dana segar dari aksi tambah modal sekitar Rp7 triliun. Sementara pada right issue yang diselenggarakan akhir Desember 2021, WSKT dapat menghimpun dana publik sebesar Rp1,5 triliun. Nilai ini lebih rendah dari target dana yang direncanakan senilai Rp4 triliun atau hanya 38,01 persen dari target maksimal.

"Memang proses right issue 30 Desember, memang di ujung tahun, sehingga kondisi market juga memang sudah cukup turun," jelasnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top