Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi - Buruh pabrik mengemas rokok SKT di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kudus. - Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Lihat Foto
Premium

Pandemi Tak Kunjung Usai, Laba Emiten Rokok GGRM dan HMSP Terkulai

Performa laba perusahaan rokok ternama seperti PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) dan PT HM Sampoerna Tbk.(HMSP) diperkirakan sulit bangkit dalam waktu dekat, mengingat daya beli masyarakat yang masih rendah akibat pandemi pada saat cukai rokok naik.
Annisa K. Saumi & Dwi Nicken Tari
Annisa K. Saumi & Dwi Nicken Tari - Bisnis.com
14 Februari 2022 | 12:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan penjualan emiten rokok diperkirakan belum cukup kuat mengerek apresiasi harga sahamnya. Sejumlah tantangan seperti tekanan daya beli masyarakat hingga kenaikan cukai rokok tampak membayangi langkah emiten rokok pada 2022.

Sejumlah analis mempertahankan rekomendasi netral untuk saham emiten rokok mengingat prospek pemulihan daya beli masyarakat pascapandemi tidak akan secepat yang diharapkan. Pada saat bersamaan, perusahaan rokok terus berjibaku menjaga marjin dari kenaikan cukai.

Analis Panin Sekuritas Jonathan Guyadi dalam risetnya memaparkan daya beli konsumen yang masih belum pulih akan membatasi pemulihan kinerja emiten rokok pada 2022. Selain itu, Jonathan melihat cukai yang lebih tinggi turut berdampak terhadap volume penjualan rokok.

"Sejalan dengan ini, kami merekomendasikan netral untuk sektor tembakau," ujar Jonathan dalam risetnya, dikutip Minggu (13/2/2022).

Dia menilai kinerja sektor tembakau cenderung tertahan karena konsumsi masyarakat berpotensi mengalami tekanan lanjutan apabila pembatasan mobilitas untuk menekan laju penyebaran Covid-19 terus berlaku.

Selain itu, kenaikan tarif cukai turut berpeluang menyebabkan penurunan volume produksi yang seterusnya mempengaruhi pertumbuhan volume penjualan rokok ke depan. Belum lagi, lanjut Jonathan, kenaikan tarif cukai akan dapat menekan marjin keuntungan emiten rokok. Adapun hingga akhir kuartal III/2021, emiten rokok mengalami penurunan laba bersih kendati penjualan meningkat. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top