Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi Netflix. - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Lihat Foto
Premium

Kejatuhan Saham Netflix, Sinyal Berakhirnya Era 'Pandemic and Chill'?

Saham Netflix melanjutkan kejatuhannya pada penutupan perdagangan Jumat (21/1/2022) di Wall Street, yang merupakan pelemahan paling parah hampir satu dekade. Kini, Netflix telah menjadi layanan streaming dengan biaya langganan paling mahal di Amerika.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com
22 Januari 2022 | 12:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kejatuhan saham Netflix pada Jumat (21/1/2022) merupakan yang paling parah sejak Juli 2012. Analis pun menurunkan peringkat raksasa streaming tersebut setelah perusahaan memberikan prospek penambahan pelanggan yang jauh dari ekspektasi Wall Street.

Pekan lalu, Netflix mengumumkan siap menaikkan harga sebagian besar paket berlangganannya di pasar AS dan Kanada karena perusahaan ingin mengantongi lebih banyak pendapatan. Akan ada kenaikan US$1 untuk paket standar dan peningkatan US$2 untuk paket premium yang mencakup streaming 4K.

Harga bulanan baru untuk paket standar sekarang adalah US$15,50 dari sebelumnya US$14, dan harga baru untuk paket Premium 4K adalah US$19,99 dari sebelumnya US$17,99. Ini adalah kenaikan harga ke-6 sejak 2014.

Saat pertama kali menaikkan harga di pasar Amerika, Netflix menaikkan harga paket standarnya menjadi US$8,99 dari harga aslinya US$7,99. Ketika itu perusahaan sangat khawatir mengenai kehilangan pelanggan jika terjadi kenaikan US$1 per bulan. Alhasil selama dua tahun berikutnya Netflix mempertahankan harga yang sama untuk pelanggan eksisting.

“Kami memperbarui harga kami sehingga kami dapat terus menawarkan berbagai pilihan hiburan berkualitas. Seperti biasa, kami menawarkan berbagai paket sehingga subscriber dapat memilih harga yang sesuai dengan anggaran mereka,” kata perwakilan Netflix dalam sebuah pernyataan, mengutip Variety pada Sabtu (22/1/2022).

Kenaikan harga ini dipandang sebagai sinyal bahwa Netflix akhirnya merasakan pasar yang kompetitif dari layanan lain seperti Disney+ dan HBO Max.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top