Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kawasan permukiman besutan PT Alam Sutera Realty Tbk. di Tangerang. Alam Sutera memiliki beberapa segmen andalan yang menopang penjualan properti perseroan mulai dari properti hunian hingga properti komersial seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan. - alam/sutera.com
Lihat Foto
Premium

Saham Properti Manggung Topang IHSG dari Kejatuhan, Cek Prospeknya!

Saham-saham sektor properti yang tergabung dalam IDX Property mencatat penguatan terbesar kedua di bawah energi. Posisi ini sekaligus menegaskan hanya empat sektor yang harga sahamnya berada di zona hijau.
Dwi Nicken Tari & Mutiara Nabila
Dwi Nicken Tari & Mutiara Nabila - Bisnis.com
19 Januari 2022 | 10:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kepastian perpanjangan insentif pajak pertambahan nilai untuk pembelian rumah susun dan rumah tapak pada 2022 menjadi katalis emiten properti pada perdagangan Rabu, (19/1/2022) pagi.

Hingga pukul 10.15 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat indeks properti menjadi penahan IHSG dari kejatuhan yang lebih dalam. Dalam separo perdagangan Sesi I itu, indeks property menguat 0,42 persen ke level 728,88. Rekor ini memang bukan yang tertinggi karena penahan terbesar adalah saham sektor energi yang meloncat 1,21 persen. Dua indeks lain yang berkontribusi adalah sektor noncyclic dan cyclic. Masing-masing menguat dalam periode yang sama sebesar 0,28 persen dan 0,31 persen. 

Estimasi tinggi investor di pasar saham itu seiring kebijakan pemerintah memperpanjang insentif PPN Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk sektor properti sampai dengan Juni 2022. Diskon PPN sebesar 50 persen dapat dinikmati oleh konsumen yang membeli rumah susun dan rumah tapak dengan nilai hingga Rp2 miliar.

Selanjutnya, PPN DTP sebesar 25 persen juga diberikan untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun senilai Rp2 miliar—Rp5 miliar. Insentif itu berlaku hingga Juni 2022 dan diperhitungkan sejak awal kontrak hingga rumah diselesaikan dalam waktu 9 bulan.

Direktur PT Metropolitan Land Tbk. Olivia Surodjo menyebut insentif PPN DTP diharapkan dapat terus menggeliatkan penjualan produk properti di Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top