Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Foto aerial kebun kelapa sawit milik Genting Plantations Bhd. di Johore, Malaysia, Kamis (14/11/2019). - Bloomberg/Joshua Paul\\r\\n
Lihat Foto
Premium

Harga CPO Diprediksi Bertahan di Level 4.700 Ringgit, Sampai Kapan?

Kendala pasokan minyak sawit mentah alias CPO, diperkirakan berdampak pada tingkat harga komoditas itu yang akan bertahan di level yang tinggi selama 6 bulan ke depan.
Yustinus Andri & Nyoman Ary Wahyudi
Yustinus Andri & Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com
13 Januari 2022 | 19:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak kelapa sawit mentah alias crude palm oil (CPO) diperkirakan masih bertahan di level yang tinggi. Hal itu tak lepas dari kondisi terbatasnya pasokan di beberapa negara produsen utama seperti Indonesia dan Malaysia.

Adapun berdasarkan data Bursa Malaysia, harga CPO untuk kontrak Mei 2022 berada pada level 4.705 ringgit per ton pada penutupan perdagangan Kamis (13/1/2021), naik 130 poin dari hari sebelumnya.

Sementara itu, dalam laporannya, LMC International memperkirakan harga CPO akan tetap berada di atas level 4.700 ringgit per ton atau sekitar US$1.124 per ton, setidaknya hingga enam bulan ke depan. Faktor kendala pasokan menjadi penyebab terbesar level harga CPO tetap bertahan di posisi tinggi.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (13/1/2021), Kepala Regional LMC International Julian Conway McGill mengatakan, produsen CPO membutuhkan waktu setidaknya 12 bulan lagi untuk kembali ke level produksi tertinggi pada 2019.

“Produksi yang lemah dari Malaysia tidak mengejutkan, tetapi penurunan produksi dari Indonesia setelah mencatatkan kinerja yang baik pada paruh pertama 2021, datang sebagai kejutan,” kata McGill.

Dia memperkirakan produksi Malaysia naik 2,6 persen tahun ini menjadi 18,6 juta ton dan produksi Indonesia naik 5 persen menjadi sekitar 47 juta ton.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top