Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Anthoni Salim (kanan) memberikan penjelasan kepada awak media usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan luar biasa, di Jakarta, Rabu (29/5/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Lihat Foto
Premium

Akrabnya Grup Salim dengan Konglomerat Lain di Sektor Teknologi

Grup Salim terbilang menjadi kongomerasi yang cukup aktif menjalin kolaborasi dengan konglomerat lain di sektor digital, dalam beberapa tahun terakhir.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
12 Januari 2022 | 18:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Masifnya pengembangan teknologi digital, membuat sejumlah konglomerat Indonesia semakin terbuka untuk menjalin kolaborasi. Salah satu konglomerat yang terbilang cukup aktif menjalin kolaborasi dengan konglomerat lain di sektor digital adalah adalah Grup Salim.

Grup Salim yang saat ini dinakhodai oleh Anthoni Salim, sejak tahun lalu terbilang cukup akrab dengan Grup Emtek milik keluarga Sariaatmadja.

Salah satu kedekatan antara Grup Emtek dan Grup Salim ditampakan dalam sebuah kolaborasi pengembangan bisnis. Tahun lalu, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) dan Grup Salim bekerjasama di sektor teknologi. Dalam hal ini, Emtek dan Salim berkolaborasi melalui masing-masing entitas usaha terafiliasi. Emtek dalam hal ini diwakilkan Grab dan Salim melalui Indomaret.

Sekadar catatan, Emtek memiliki saham di Grab Teknologi Indonesia sebesar 5,88 persen. Sementara itu, Grup Salim merupakan induk dari PT Indoritel Makmur Internasional Tbk. (DNET) yang terafiliasi dengan PT Indomarco Prismatama, pemegang merek ritel modern Indomaret.

Di sektor ritel, Anthoni Salim secara individu menguasai 25,3 persen saham PT Indoritel Makmur Internasional Tbk. (DNET) yang merupakan induk usaha jaringan minimarket Indomaret. Per 31 Desember 2020, tercatat ada lebih dari 18.000 gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

Adapun, kolaborasi antara Grab dan Indomaret berupa penggunaan aplikasi GrabMart yang bisa digunakan untuk berbelanja dan menemukan lokasi Indomaret terdekat untuk langsung melakukan pemesanan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top