Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
ilustrasi obligasi dan saham
Lihat Foto
Premium

Menghitung Cuan SBN Ritel Perdana 2022 Seri ORI021, Deposito Lewat?

Instrumen ORI021 akan menjadi surat berharga negara (SBN) ritel yang pertama terbit pada 2022. Bagaimana potensi cuannya?
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com
11 Januari 2022 | 06:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Surat berharga negara (SBN) ritel seri ORI021 dijadwalkan akan segera ditawarkan dalam waktu dekat. Seberapa menarik instrumen itu untuk dikoleksi menjadi sumber cuan bagi investor?

Kementerian Keuangan mengatakan rencananya ORI021 akan mulai ditawarkan pada 24 Januari — 17 Februari 2022. Struktur ORI021 akan sama dengan seri ORI sebelumnya dengan kupon tetap (fixed rate), dapat diperdagangkan (tradable), dan tenor 3 tahun.

Instrumen ORI021 akan menjadi SBN ritel pertama yang ditawarkan pada 2022. Sebelumnya, pemerintah berencana untuk menawarkan 6 SBN ritel sepanjang 2022 dengan target penjualan Rp100 triliun.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, jenis instrumen SBN ritel yang akan diterbitkan masih sama dengan 2021. Instrumen-instrumen tersebut terdiri dari Surat Utang Negara (SUN) dengan jenis ORI yang dapat diperdagangkan (tradable) dan Savings Bond Ritel (SBR) yang tidak dapat diperdagangkan (nontradable)

Sementara, untuk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel, pemerintah akan menerbitkan Sukuk ritel yang tradable, sukuk tabungan yang bersifat nontradable serta Sukuk Wakaf-Linked.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top