Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Alat berat membersihkan area penimbunan batu bara. -  Bloomberg / Nicolo Filippo Rosso
Lihat Foto
Premium

Kembalinya Sinyal Cuan Bagi Emiten Batu Bara, ADRO-INDY Cs

Angin lega bersiap menghampiri emiten batu bara, lantaran pemerintah akan kembali melonggarkan ketentuan ekspor dan melakukan revisi terhadap tata pelaksanaan DMO komoditas itu.
Rayful Mudassir & Asteria Desi K.S.
Rayful Mudassir & Asteria Desi K.S. - Bisnis.com
11 Januari 2022 | 08:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Persoalan yang membelenggu aktivitas transaksi emiten batu bara awal tahun ini berpeluang terurai dalam waktu dekat. Di sisi lain, ketentuan harga domestic market obligation (DMO) juga berpeluang dilonggarkan, sehingga memberikan angin lega bagi para pebisnis batu bara nasional.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melarang ekspor batu bara sepanjang 1–31 Januari 2022. Kebijakan itu dikeluarkan seiring dengan menipisnya pasokan batu bara untuk pembangkit listrik di dalam negeri.

Langkaha itu diambil pemerintah lantaran, sepanjang 2021 (per 30 November) DMO hanya terpenuhi 63,47 juta ton atau 46,16 persen dari target minimal 137,50 juta ton.

Tidak tercapainya targai tersebut ditengarai karena perusahaan cenderung lebih memprioritaskan ekspor lantaran harga sedang tinggi di pasar global. Sementara itu, jika ‘dipaksa’ memenuhi kebutuhan dalam negeri melalui skema DMO, maka harga jual yang ditetapkan adalah maksimal US$70 per ton. Jika dibandingkan dengan harga global, maka selisihny hampir dua kali lipat lantaran rata-rata harganya menembus US$150 per ton.

Namun demikian, sengkarut mengenai ketentuan pasokan batu bara untuk dalam negeri dan ketentuan ekspor tampaknya mulai mendapatkan titik cerah.

Hal itu tampak dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tadi malam, Senin (10/1/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top