Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Situs web Dogecoin di smartphone pengguna di Brooklyn di New York, AS.  - Bloomberg
Lihat Foto
Premium

Shiba Inu, Doge dkk Masih Punya Amunisi Untuk Meroket?

Pemilik aset kripto berbasis meme seperti Dogecoin dan Shiba Inu harus gigit jari pada awal tahun ini lantaran anjlok harganya. Lalu apakah aset kripto tersebut masih punya kekuatan untuk meroket kembali?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
07 Januari 2022 | 17:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah sempat meroket tajam, penggemar aset kripto cryptocurrency yang mengoleksi koin berbasis meme seperti Dogecoin dan Shiba Inu harus gigit jari lantaran harganya anjlok tajam pada pengujung 2021 hingga awal tahun ini.

Bagaimana tidak, kripto Dogecoin, Shiba Inu dan token meme lainnya tersebut telah terpukul lebih keras dari pada Bitcoin dau Ethereum yang juga mengalami kejatuhan harga baru-baru ini.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Jumat (7/1/2021) Dogecoin atau Doge telah mengalami penurunan harga sebesar 11,20 persen sepanjang tahun berjalan atau year to date (ytd) ke level US$0,1521. Sementara itu, Shiba Inu lebih anjlok 14,30 persen (ytd) ke level harga US$0,00002894.

Melansir Bloomberg, pada pengujung tahun lalu, Doge turun hampir 80 persen dari harga tertinggi sepanjang masa pada bulan Mei. Sementara itu, harga Shiba Ina telah turun lebih dari 65 persen sejak mencapai puncaknya pada akhir Oktober 2021, menurut data Messari.

Volume perdagangan beberapa koin meme tersebut turun tajam, bahkan saat ini diukur dalam jutaan dolar AS, bukan lagi miliaran dolar AS. Padahal, pada tahun lalu, transaksi koin berbasis meme tersebut sempat melonjak tajam. 

Sekadar catatan, tren koleksi aset kripto berbasis meme dimulai dengan Doge. Token digital yang dibuat pada 2013 oleh sepasang insinyur perangkat lunak itu, sempat menarik minat pasar setelah beberapa tokoh menggunakan lelucon hingga sarkasme untuk menaikan popularitas kripto tersebut. Salah satunya adalah Bos Tesla Elon Musk yang ikut mendongrak popularitas kripto yang indentik dengan anjing Shiba Inu tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top