Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Warga Negara Asing (WNA) berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (29/11/2021). Pemerintah memberlakukan larangan WNA dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong untuk masuk ke wilayah Indonesia guna mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron. - Antara
Lihat Foto
Premium

Covid-19 Varian Omicron: Pilih-pilih Emiten Kesehatan 'Termurah' Saat Karantina Wajib di Rumah Sakit

Kementerian Kesehatan mewajibkan pasien Covid-19 varian Omicron, baik bergejala maupun tidak, melakukan isolasi di rumah sakit yang ditunjuk.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
07 Januari 2022 | 14:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pada Selasa (4/1/2022) pekan ini, Kementerian Kesehatan akhirnya mulai menarik tuas rem pertamanya. Mengacu Surat Edaran Nomor.HK.02.01/Menkes/1391/2021 kini masyarakat yang mengalami kemungkinan kasus Covid-19 varian Omicron, baik bergejala maupun tidak, wajib melakukan isolasi di rumah sakit penyelenggara pelayanan Covid-19.

“Mengingat dalam beberapa waktu terakhir transmisi lokal terus meningkat, kesiapan daerah dalam merespons penyebaran Omicron sangat penting,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Salah satu poin di Surat Edaran menyebut bahwa isolasi di rumah sakit wajib dilakukan sekurang-kurangnya 10 hari, dan tambahan minimal 3 hari untuk pasien Omicron dengan gejala. Namun, Kemenkes menggaransi bahwa biaya karantina akan ditanggung dana APBN.

Menurut analis CGS CIMB Sekuritas Patricia Gabriela dan Marcella Regina, kenaikan okupansi akibat Covid-19 sebenarnya tidak akan serta merta mengerek margin bisnis perusahaan rumah sakit.

“Ini karena pada Oktober 2021 pemerintah telah mengubah sistem reimbursement Covid-19 dari harian menjadi per kasus. Artinya semakin lama dan semakin berkomplikasi sebuah kasus, maka margin keuntungannya justru semakin tipis,” papar Patricia dan Marcella dalam risetnya, Rabu (5/1/2022).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top