Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Nasabah melakukan transaksi melalui aplikasi Allo Bank di Jakarta, Selasa (4/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Lihat Foto
Premium

Ramai-Ramai Ikut Rights Issue Allo Bank Indonesia, Bagaimana Proyeksi Harga Teoritis Saham BBHI?

PT Allo Bank Indonesia Tbk., emiten dengan kode saham BBHI, belakangan memutuskan untuk melakukan rights issue atau hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD), dari rencana awal private placement, dengan menerbitkan saham HMETD maksimal 10,04 miliar saham biasa dengan harga pelaksanaan Rp478 per lembar. Berapa harga teoritisnya?
Gajah Kusumo
Gajah Kusumo - Bisnis.com
06 Januari 2022 | 06:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Jika tak ada aral melintang, Jumat  (7/1/2022), adalah hari terakhir perdagangan saham rights issue PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) dengan hak memesan efek terlebih dahulu atau HMETD (cum-right) di pasar regular dan pasar negosiasi.

Sesuai hasil keputusan dalam rapat umum pemegang saham pada 15 Oktober 2021, PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) akan melakukan penambahan modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penerbitan HMETD maksimal 10,04 miliar saham biasa dengan nominal Rp100 per saham dan harga pelaksanaan Rp478 per lembar.

Rencananya, emiten yang dikendalikan oleh PT Mega Corpora, milik dari Chairul Tanjung ini, bakal mengantongi dana setidaknya Rp4,8 triliun dari aksi korporasi tersebut.

Mengutip prospektus perseroan dalam laporan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia pada Senin (3/1/2022), raihan dana dari rights issue itu, akan digunakan untuk meningkatkan modal inti perseroan agar masuk dalam kategori Kelompok Bank Modal Inti (KBMI) 2.

Selanjutnya, raihan dana rights issue juga akan digunakan untuk pengembangan usaha perseroan, termasuk mengembangkan kegiatan usaha dalam bidang kredit dengan inovasi teknologi atau yang dikenal dengan bank digital.

Sebagai catatan, perbankan umum tadinya dibagi dalam empat kategori berdasarkan modal inti, yaitu bank umum kegiatan usaha (BUKU) I, II, III, dan IV. BUKU I memiliki modal inti di bawah Rp1 triliun, BUKU II Rp1 triliun hingga Rp5 triliun, BUKU III lebih dari Rp5 triliun hingga Rp30 triliun, dan BUKU IV dengan modal inti lebih dari Rp30 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top